Teguh Triwiyanto, MPd

Teguh Triwiyanto, MPd

Peneliti Utama

Teguh Triwiyanto lahir di Slawi (Tegal), Jawa Tengah. Ia menempuh pendidikan S1 dan S2 di Program Studi Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Saat ini, ia sedang menyelesaikan studi Doktoralnya (S3) di program studi dan universitas yang sama.

Selama mahasiswa, ia aktif mengajar dan terlibat di kegiatan intra serta ekstra kampus. Saat ini mengajar di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pernah mendapat tugas tambahan sebagai Pejabat Kepala Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang, kepala laboratorium jurusan, dan sekretaris jurusan. Terlibat dalam program USAID DBE1 sebagai service provider dan berlanjut dalam program USAID Prioritas sebagai STTA Consultant, serta menjadi pengelola di Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan (JMSP), Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, dan MBS Center. Alamat email dapat dihubungi: teguh.triwiyanto.fip@um.ac.id.

Sampai saat ini, lebih 28 judul penelitian dan publikasi sudah dilakukannya. Penelitian dan publikasi tersebut focus pada tema-tema kebijakan, tata kelola kelembagaan, dan organisasi Pendidikan menengah dan tinggi di Indonesia. Karya tulis 3 tahun terakhir, yang dipublikasikannya antara lain: Meta-Analysis of the Impact of Globalization on National Education Policy (Coema Confrence, 2019),


The Thoughts of Ki Hadjar Dewantara and Their Implications for School Management in the Industrial Era 4.0 (International Journal of Innovation, Creativity and Change, 2019), The Impacts of School Operational Assistance in Indonesia (International Journal of Recent Technology and Engineering, 2019), Gelombang Liberalisme Pendidikan Mengawal Tata Kelola Pendidikan Untuk Rakyat (Kompas, 2019), The Effective Development In Teacher Working Group Meeting Up Meeting To Improve Teacher Professionalism (International Journal of Engineering & Technology, 2018),  Multi-grade Teaching: A Solution For Teacher Shortage And Educational Quality Improvement In Indonesia Community Participation (Journal of Business and Economics, 2017), dan Deficits In The Implementation Of School-Based Management In Indonesia (Journal of Education and Practice,  2017)