Produk dan Jasa


Indonesian Presidential Studies (IPS)
Menghasilkan tujuh jenis produk dan layanan jasa berikut.

IPS menghasilkan ragam kajian yang terkait dengan dua hal berikut. Pertama, dinamika penerapan sistem dan kinerja lembaga-lembaga demokrasi, sistem politik dan pemerintahan, komunikasi politik dan publik, kebijakan public, pemasaran politik dan opini public di Indonesia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kedua, perkembangan posisi, peran, model-model kepemimpinan dan gaya komunikasi public dan politik presiden dan wakil presiden dan unit-unit pendukungnya serta persepsi public atas kinerja dan tingkat kepercayaan public pada mereka. Kajian yang terkait dengan hal tersebut dipublikasikan dalam Jurnal Kajian Kepresidenan yang dapat diakses secara terbuka sebagai sumber pengetahuan public.

IPS dapat membantu stakehokders/klien yang membutuhkan layanan jasa untuk memahami dinamika pendapat publik secara mendalam terkait dengan hal-hal tersebut di atas. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian ilmu sosial yang mencakup baik metode kuantitatif, kualitatif, maupun metode campuran. Pilihan metode disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan riset yang dilakukan.

IPS dapat membantu stakehodets/klien baik yang berasal dari lembaga Negara/Pemerintahan, lembaga pendidikan tinggi, organisasi social kemasyarakat dan perusahaan yang membutuhkan layanan jasa program pelatihan (training) yang terkait dengan pengembangan kepemimpinan organisasi, penguasaan metodologi penelitian dan penguatan kelembagaan dan manajerial sumber daya manusia. Model pelatihan yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lembaga dan individu-individu yang memerlukan jasa tersebut.

IPS dapat membantu stakehodets/klien dari kalangan lembaga Negara/Pemerintahan yang membutuhkan layanan jasa program yang terkait dengan perencanaan dan pengembangan branding wilayah/daerah, desa dan kota. Program tersebut akan disesuasikan dengan kebutuhan yang diinginkan oleh masing-masing lembaga yang membutuhkan layanan tersebut.

IPS menyediakan layanan jasa sebagai adviser yang dibutuhkan oleh pimpinan Lembaga Negara/Pemerintahan dan Kepala Daerah terkait dengan pengembangan program-program kebijakan public popular untuk pimpinan lembaga Negara/Pemerintahan dan Kepala Daerah. Program-program tersebut disesuaikan dengan jenis kebutuhan dan kondisi masing-masing lembaga dan daerah yang membutuhkan jasa tersebut.

IPS dapat membantu stakeholders/klien yang membutuhkan layanan jasa program pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan penguasaan skills metodologi penelitian bagi mahasiswa pasca sarjana (S2 dan S3) bidang ilmu social dan humaniora yang hendak menyelesaikan tugas tesis dan disertasi. Program pelatihan methodologi penelitian ini mencakup beragam jenis metode, baik bersifat kuantif kualitatif, maupun metode campuran. Pilihan metode penelitian yang akan disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan oleh masing-masing mahasiswa pasca sarjana yang mendaftar.

IPS dapat membantu stakehodets/klien dari kalangan lembaga Negara/Pemerintahan, lembaga pendidikan tinggi, organisasi social kemasyarakat dan perusahaan yang membutuhkan layanan jasa program pelatihan penguasaan skills metodologi penelitian, manajemen komunikasi public dan pengelolaan social media. Program pelatihan disesuasikan dengan kebutuhan yang diinginkan oleh masing-masing lembaga yang membutuhkan layanan tersebut.

  • Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Nomor AHU-0018275.AH.01.01. TAHUN 2020
  • Akta Notaris Nomor 06 Tanggal 20 Maret 2020 yang dibuat oleh DEWI SUSANTI S.H., M.KN.
  • Nomor Induk Berusaha (NIB) No. 0220003302297

Indonesian Presidential Studies (IPS) menyediakan jasa riset/survei yang terkait dengan hal-hal tersebut di atas. Ada dua jenis riset/survey yang dilakukan oleh Indonesian Presidential Studies (IPS), yaitu:

Dilakukan atas permintaan  lembaga-lembaga publik, baik domestik maupun international dan  untuk dipublikasikan. Survei ini berskala nasional dan dilakukan rutin

Dilakukan atas permintaan individu,  kelompok atau lembaga swasta lainnya. Hasil survei ini sepenuhnya  untuk klien dan tidak dipublikasikan kecuali klien menghendakinya

Riset Opini publik sangat penting untuk mengungkap pendapat publik secara luas mengenai pelbagai isu terkait kondisi sosial politik mutakhir. Riset opini publik juga dilakukan untuk memetakan kekuatan dukungan pemilih terhadap suatu partai atau kandidat (elektabilitas) serta untuk mengetahui hasil suatu pemilihan secara cepat. Riset opini PublikIPS mencakup tiga komponen:

1. Survei Nasional: Kondisi Sosial, ekonomi dan keamanan
2.Survei Elektabilitas Calon Legislatif atau Calon Eksekutif
3.Quick Count dan Exit Poll

Riset kebijakan pembangunan sangat penting untuk memahami proses dan dampak kebijakan pemerintah atau program-program yang dikembangkan lembaga donor dan swasta di sektor pembangunan manusia dan kesejahteraan rakyat. Studi dilakukan baik terhadap publiK secara luas maupun terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang menjadi target utama sebuah kebijakan atau program.
Riset kebijakan mencakup:
1. Survei Perepsi Publik Mengenai Kebijakan Publik dan Pembangunan
2.Evaluasi proses dan dampak Kebijakan Publik dan Pembangunan

Riset komunikasi publik sangat penting untuk memahami memahami proses dan dampak dari model-model komunikasi public yang dilakukan oleh pemerintah, pimpinan lembaga-lembaga Negara/Pemerintahan, para pejabat public yang menduduki jabatan di lembaga-lembaga, pimpinan organisasi social kemasyarakatan maupun perusahaan/korporasi.
Riset yang terkait dengan hal ini antara lain mencakup:

1. Survei Persepsi Publik Mengenai Performance Komunikasi Publik Pejabat Publik, Pimpinan Lembaga Negara/Pemerintah dan Organisasi Sosial dan Kemasyarakatan maupun Korporasi
2. Evaluasi proses dan dampak Kebijakan/Program Komunikasi Publik yang dilakukan oleh Pejabat Publik, Pimpinan Lembaga Negara/Pemerintah dan Organisasi Sosial dan Kemasyarakatan maupun Korporas

Riset komunikasi politik dan branding politik sangat penting untuk memahami proses dan dampak dari model-model komunikasi politik dan branding politik yang dilakukan oleh pemerintah, pimpinan lembaga-lembaga Negara/ Pemerintahan, para pejabat public yang menduduki jabatan di lembaga-lembaga tersebut maupun pimpinan organisasi social kemasyarakatan.
Riset yang terkait dengan hal ini antara lain mencakup:

1. Survei Persepsi Publik Mengenai Performance Komunikasi Politik dan Branding Politik Pejabat Publik, Pimpinan Lembaga Negara/Pemerintah dan Organisasi Sosial dan Kemasyarakatan
2. Evaluasi proses dan dampak Kebijakan/Program Komunikasi Politik dan Branding Politik yang dilakukan oleh Pejabat Publik, Pimpinan Lembaga Negara/Pemerintah dan Organisasi Sosial dan Kemasyarakatan

Riset evaluasi efektifitas regulasi public sangat penting untuk memetakan berbagai faktor yang menyebabkan ketidakefektifitasan kebijakan public diformulasi dan diimplemensikan oleh pemerintah dan legislatif, pimpinan lembaga-lembaga Negara/Pemerintahan dan para pejabat public yang menduduki jabatan di lembaga-lembaga tersebut.
Riset yang terkait dengan hal ini antara lain mencakup:

1. Survei persepsi Publik mengenai tingkat efektifitas regulasi tersebut dan faktor-faktor utama yang mempengaruhi efektifitasnya.
2. Analisis data kualitatif (Indept-interview tokoh dan stakeholders, Focus Group Discussion pakar/ahli dan sejenisnya) terkait dengan tingkat efektifitas regulasi tersebut dan faktor-faktor utama yang mempengaruhi efektifitas regulasi tersebut.
3. Analisis Isi dokumen regulasi kebijakan public yang didesain dan diimplementasikan oleh pemerintah dan legislatif, pimpinan lembaga-lembaga Negara/Pemerintahan dan para pejabat public yang menduduki jabatan di lembaga-lembaga tersebut dan evaluasi atas efektifitas regulasi tersebut.
4. Analisis tingkat respon publik dan isu-isu yang muncul terkait efektifitas regulasi tersebut dan jenis-jenis faktor mempengaruhi efektifitas regulasi tersebut.

Riset komunikasi bisnis, pemasaran dan perilaku konsumen sangat penting untuk mendeteksi kecenderungan opini publik atau preferensi konsumen terhadap suatu produk atau jasa. Strategi penetrasi pasar sebuah produk, penyusunan program siaran, pembuatan materi iklan, dan sebagainya, sangat membutuhkan data perilaku konsumen yang akurat.
Riset yang terkait dengan hal ini mencakup:
1. Survei persepsi publik terkait dengan strategi komunikasi bisnis dan pemasaran, promosi/sosialisasi produk-produk komersial dan pilihan jen-jenis media yang tepat dalam menjalankan komunikasi dengan konsumen
2. Survei persepsi publik dan analisis social media terkait degan model-model komunikasi dan promosi/sosialisasi produk-produk komersial dan dampaknya terhadap perilaku konsumen.

Media dan social media merupakan arena penting dalam proses komunikasi public dan politik. Dinamika isu-isu public dan politik yang berkembang di arena tersebut dengan mudah mempengaruhi persepsi public dan menentukan perilaku public pada beragam aktor dan institusi politik dan bisnis. Citra aktor dan institusi politik dan bisnis dengan acapkali tidak lagi ditentukan oleh capaian kinerjanya. Sebaliknya, citra tersebut seringkali ditentukan oleh framing isu-isu public dan politik yang berkembang di media dan sentiment public yang muncul di berbagai jenis social media.
IPS menawarkan produk dan layanan jasa berikut:
1. Analisis media dan social media yang terkait dengan efektifitas model-model komunikasi yang dikembangkan oleh aktor dan institusi politik dan bisnis.
2. Analisis media dan social media yang terkait dengan efektifitas kebijakan public yang ditawarkan ataupun dijalankan oleh aktor dan institusi politik dan program-program pemberdayaan social yang dilakukan oleh aktor dan institusi bisnis.
3. Analisis media dan social media yang terkait terkait dengan citra aktor dan institusi politik dan bisnis.
4. Analisis media dan social media yang terkait dengan performance kinerja aktor dan institusi politik dan bisnis.